Tuesday, August 20, 2019

CARA DISABLE DAN ENABLE PACKET DI MIKROTIK

  No comments
Assalamualaikum Wr.Wb

 Selanjutnya di Lab ini saya akan membahas masalah Management Packet di mikrotik.
Kalo denger kata management packet pasti udah paham kan maksudnya.

Di Lab ini saya cuma akan membahas cara Men-Disable, Dan Enable Packet saja. berikut penjelasan dari kedua kata tersebut.


DISABLE : MENONAKTIFKAN PACKET YANG DIPILIH
ENABLE  : MENGAKTIFKAN KEMBALI PACKET YANG DI-DISABLE



Langkah Konfigurasi :

1. Disable Packet

Untuk mendisable paket kita bisa klik menu system > package kemudian kita pilih paket yang akan kita disable. Lalu kita klik Disable untuk mendisable paket. Contoh saya ingin mendisable paket ipv6

Setelah kita command atau perintahnya maka akan muncul kalimat "scheduled for...." yang artinya perintah itu akan jalan setelah kita mereboot router. Sebagai contoh karena saya memilih bagian Disable maka akan muncul kalimat "scheduled for disable"


2. Pengujian

Selanjutnya kita akan melakukan pengujian terhadap paket yang tadi kita disable. Carany adalah dengan cara mereboot router mikrotik kita yaitu dengan cara klik system > reboot
Setelah ter-reboot buka kembali menu system > package dan liat paket yang kita disable tadi. Paket yang kita disable tadi akan berwarna pudar yang artinya sedang di nonaktifkan.

Untuk mengaktifkan kembali paket yang di-disable kita gunakan perintah enable, caranya sama seperti sebelumnya tinggal klik paketnya kemudian klik enable lalu reboot routernya.
Ok sekian dulu yaa tentang Enable dan Disable, kita lanjut ke Lab berikutnya....




No comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di blog kami, semoga bermanfaat